Sambal Tumpang

Kemarin di NCC ada yang tanya resep Sambal Tumpang. Makanan khas solo ini memang uenak tenan...bikinnya pun sangat mudah. Kebetulan saya punya resep itu (resep andalan) secara ibu saya asli solo dan Sambal tumpang adalah favorit makanan saya.

Bahan-bahan :
150 gr tempe semangit
daging sapi (tetelan) secukupnya
5 bh cabai merah
5 bh cabai rawit
2 cm kencur
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
10 buah petai
kerupuk kulit (rambak) secukupnya
2 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
400 ml santan
1 sdt gula pasir ; 3 sdt garam

Cara membuat :
1. Tempe, daging, bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, kencur, salam, lengkuas direbus jadi satu.
2. Setelah daging empuk, angkat. Lalu dipotong kecil-kecil.
3. Bahan rebusan lainnya semuanya diulek halus kecuali salam, lengkuas, daging. Masukkan kembali daging yang sudah dipotong2.
4. Semua bahan direbus kembali, beri santan. Setelah mendidih, masukkan petai dan kerupuk kulit. Beri garam dan sedikit gula pasir. Tunggu sampai air tinggal sedikit / agak mengental. Angkat.

Sajikan dengan urapan sayuran dan rempeyek teri atau karak (kerupuk gendar)

Karena kebetulan di nz jarang sekali ada tempe (kalau gak buat sendiri) jadi saya terpaksa menahan air liur saya karena tidak bisa membuat sambal tumpang. Hiks hiks hiks.

Picture by : tabloid nova

Email to others   Share


10 Comments :

Blogger Hani said...

emang namanya sambel tumpang ya nin...bukan tumpeng *maklum bukan orang solo...hehehe*

eh kemaren dikasih pak afat tempe buatannya nia. keburu abis sebelon sempet nyoba bikin sambel tumpang :D

February 14, 2007 at 8:14 PM  
Blogger Nina said...

iya mbak, namanya sambal tumpang. Kalo tumpeng tuh nasi yang berbentuk kerucut yang pernah kita buat wkt 17agustusan. hehehe ;p Kalo dapet tempe lagi coba disimpen deh tunggu sampai semangit. okre ?

February 14, 2007 at 9:28 PM  
Anonymous Anonymous said...

waah aku juga suka sama sambal tumpang ini. Bener-bener *nge-lawuhi*.

February 27, 2007 at 6:15 PM  
Anonymous nugtasa said...

mwanteb twenan

po meneh nganggo bayem, tokolan, wortel godhok,

cwocok

June 25, 2007 at 11:40 PM  
Blogger Nina said...

Iya bener nugtasa. Sambal tumpang ini bener2 gak ada yang ngalahin. Kalau lagi makan ini, bisa lupa mertua, lupa diet...hiahahaha ;))

June 27, 2007 at 9:20 PM  
Anonymous restu88@yahoo.com said...

salam kenal mbak Nina...,
oya saya mo nanya nech
yg namanya tempe semangit tu yg gimana yah..? apa lain sama tempe yg biasa utk digoreng..?
trus potongan dagingnya seberapa kecil2nya.. apa kira2 1cm dadu atau seberapa..? thanks a lot.. :)

restu88@yahoo.com

December 13, 2007 at 10:11 PM  
Anonymous Anonymous said...

semangit=bosok tah?

May 12, 2009 at 6:09 AM  
Blogger tututlind said...

tempe semangit itu kan tempe setengah bosok.. sebelum jadi bosok

November 9, 2009 at 12:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ternyata penggemar juga ya... nyam nyam...

April 15, 2011 at 4:00 AM  
Blogger KAHRAN GUSFE said...

mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppppppppppp...yang di nz minta fbinya dong..add ya fbku : misteriyus_yusuf@yahoo.com
aq mw tanya info yah ...trims...yusuf

June 13, 2012 at 6:00 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page