Sayur Lodeh

Kalau kata mamaku, ini sayur 'sampah' dalam arti bukan sampah beneran lho. Tapi sayur yang apa aja boleh masuk (biasanya sih kalo mau ngabisin isi kulkas ;p) tapi rasanya teteup mantap. Bumbunya sesuai selera aja kekentalan santannya juga sesuai selera masing-masing, eh isinya juga gak harus ada ini itu...seperti saya sekarang ini seadanya di kulkas.



Bumbu dihaluskan :
7 bh bawang merah
2 bh bawang putih
3 bh cabai merah
½ sdt terasi
1 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt kencur bubuk

Bahan-bahan lain :
Daging sapi (potong kotak2, rebus sampai empuk)
Terong (potong kotak2)
Wortel
Jagung (saya pakai frozen)
Buncis (saya pakai frozen)
Cabe merah besar (rajang kasar/besar2)
1-2 lembar daun salam
2 sdm rebon/udang kering, cuci, tiriskan
2 cm lengkuas, memarkan
1 liter santan kental
250 cc santan cair
garam dan gula sesuai dengan selera

Rebus daging sampai empuk (air rebusan jangan dibuang). Tambahkan air rebusan dengan santan sampai matang. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, wortel dan jagung, udang kering, daun salam dan lengkuas.
Masukkan berturut-turut, buncis, cabai, terong atau sisa bahan lainnya. Masak sampai semuanya matang. Angkat dan hidangkan.

Kalo saya suka yang gak banyak kuahnya jadi agak 'nyemek-nyemek' gitu (halah !!! bahasa apa coba). Temenannya nasi putih hangat (pasti dong), sambal terasi dan ikan asin atau kerupuk karak. Hmm....

Email to others   Share


3 Comments :

Blogger Hani said...

temen lodehnya tambah tempe goreng...hmm

May 2, 2008 at 3:48 PM  
Blogger Nina said...

halo mbak Hani, pa kabar nih ? maunya sih pakai tempe, dan biasanya juga aku bikin sendiri tempenya...tapi berhubung cuaca dah dingin jadi blm bisa buat tempe dulu. Ntar deh kalo dah bener2 dingin malah mgkn lebih gampang ya, tempenya ditaro deket heater. ;P

May 2, 2008 at 11:37 PM  
Anonymous oi blitar said...

sayur lodeh itu kesukaan saya...

April 25, 2009 at 4:19 AM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page