Ketoprak


Sudah rencana dari minggu lalu, kalau hari ini sepulang dari main badminton di newlands mau makan ketoprak sama teman2. Pura2nya sih "nanggap" tukang ketoprak gitu, padahal ya saya juga yang nyiapin semuanya.

Bahan :
4 potong tahu putih/kuning ukuran 2 x 5 x 5 cm, goreng setengah matang
100 gr bihun, seduh air panas, tiriskan
100 gr taoge, siangi, buang akarnya, seduh air panas, tiriskan
4 buah ketupat/lontong

Bumbu Kacang :
250 gram kacang tanah, goreng
6 siung bawang putih, iris, goreng sebentar hingga warna kekuningan
3 buah cabai rawit merah, goreng sebentar
25 ml air asam jawa
100 ml air hangat
1 sdt garam
1 sdt gula merah
Air matang secukupnya

Pelengkap :
Kerupuk merah, Kecap Manis dan Bawang goreng

Cara membuat :
1. Potong ketupat dan tahu goreng sesuai selera. Sisihkan.
2. Kuah Kacang : Haluskan kacang goreng, gula merah, bawang putih goreng dan cabe rawit hingga halus, lalu tambahkan air asam jawa dan sedikit air. Aduk rata.
3. Siapkan piring saji, taruh beberapa potong irisan lontong, tahu, taoge, bihun lalu siram dengan kuah kacang, taburkan bawang goreng dan kerupuk merah dan terakhir beri kecap manis. Hidangkan.

Email to others   Share


3 Comments :

Anonymous dc said...

hmm...kayaknya enak bener tuh !!!

April 29, 2007 at 12:31 PM  
Blogger Nina said...

dc, emang enak kok persis kayak di abang2. Hihihi...muji sendiri.

April 29, 2007 at 12:32 PM  
Blogger dhila said...

biasanya kalo di abang2 ditambah sedikiiit kencur mbak.. biar ada wangi2nya dikit gitu, kaya lotek juga hehehe ;)

February 1, 2011 at 6:10 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page