Ayam Bakar Kecap

Tiba-tiba saja saya teringat dengan satu gubuk rumah makan di daerah kalimalang. Waktu kuliah dulu, biasa saya dan teman-teman menyebutnya dengan "SoGo" alias somay gopek. Emang somay-nya terkenal enak, tapi ayam bakar kecapnya juga gak kalah yummy dengan harga yang sangat terjangkau untuk ukuran pelajar seperti saya...kalau gak salah dulu harganya Rp.5.000,- (sepiring nasi, lalapan, sambal dan satu potong ayam bakar ukuran lumayan besar).

Hari ini saya nyoba buat bukan somay-nya tapi ayam bakar kecapnya.

Resepnya saya kira2 sendiri tapi rasanya ternyata sama persis kok.

Bahan :
Ayam, potong2 beri air jeruk nipis / lemon
Minyak goreng
2 btg serai, geprek
3 lbr daun salam
Kecap Manis
Mentega

Bumbu dihaluskan:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 buah kemiri, sangrai
Lada, garam

Cara memasak :
Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai dan daun salam. Kemudian masukkan ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata dengan bumbu. Biarkan sesaat sampai ayam mengeluarkan airnya dan bumbu meresap ke dalam ayam.
Letakkan ayam dalam pinggan bakaran, olesi dengan mentega dan kecap manis. Panggang dalam oven / bakar. Balik ayam sesekali diberi olesan mentega dan kecap manis. Angkat.
Santap dengan nasi putih hangat dilengkapi dengan sambal dan lalapan. Mantap !!!


Email to others   Share


2 Comments :

Anonymous Anonymous said...

looks yummy...
cobain ah ;)

August 13, 2007 at 3:08 PM  
Anonymous Anonymous said...

Duuuhh jadi inget kenangan makan di SOGO ama siiii itu tuh.. hhmm hhmm..

October 24, 2007 at 2:12 AM  

Post a Comment


Back to Main Page