Ayam Taliwang

Terinspirasi dari seorang teman (sekarang ketua KBMIH yang baru nih) yang asli lombok saat berkunjung kerumah kami di wellington. Waktu itu kita gak sengaja ngomongin makanan yang salah satunya ya ayam taliwang ini. (hehe...halo apa kabar mas yaya ?)



Kata mas yaya sih untuk ayam taliwang judule...puedesss. Wah jadi penasaran nih, boleh juga dicoba. ^_^

Ayam Taliwang (Lombok)
Source : tabloid nova

Bahan :
1 ekor ayam ras, belah jadi 4 bagian
1 buah jeruk nipis
1/2 sdm garam
3 sdm minyak untuk menumis
1 buah cabai merah, cincang kasar
1 sdm gula merah
100 cc air

Bumbu dihaluskan :
6 bh bawang merah
5 bawang putih
3 buah cabai merah
6 bh cabai rawit merah
1 bh cabai merah, cincang kasar
2 cm kencur
1/2 sdt terasi, bakar
Garam secukupnya.

Cara membuat :
1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan slm 1o menit, sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan cabai merah cincang sebentar, masukkan ayam dan gula merah, aduk rata, tambahkan dengan air. Masak hingga ayam 3/4 matang. Angkat.
3. Bakar ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat.

Hmm uenak banget dan lumayan cocok dengan selera kami yang sangat doyan pedes cuma mungkin agak manis aja ya. Rasanya yang puedes ditambah aroma terasi nya yang menggoda membuat rasa ayam ini sangat sensasional. Gimana gak pedes, lha wong di resep isinya semua cabe doang kok. hehehe...gimana tertarik juga untuk mencoba ? ;p

Email to others   Share


4 Comments :

Anonymous desi said...

wah kayaknya mantap betul tuh ayam. Mau dong...

July 4, 2007 at 4:25 PM  
Blogger Nina said...

iya bener say...mantap jek. ;p

July 4, 2007 at 4:33 PM  
Anonymous rine said...

bisa gga mba ga pake kencur? soalnya kan disini ga ada kencur..

April 10, 2009 at 4:05 AM  
Blogger Nina said...

Tuk Rine,
Bisa aja gak pake kencur, tapi kayaknya rasanya jadi berubah juga.
Saya juga dapetin kencur bubuknya bela2in dikirim dari Indonesia. :D

April 10, 2009 at 1:16 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page