Setup macaroni


Ini dia salah satu handalan saya kalau harus potluck. Teman2 di Hamilton pasti sudah pada tau semua atau mungkin sudah bosen ya ? Hahahaha.....

Sekilas mirip macaroni & cheese nya orang bule padahal ini resep asli dari Solo, tepatnya menu untuk para bangsawan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Makanya setiap ada acara di kraton Surakarta atau acara Kol-kol an (Ulangtahun kematian raja) menu ini pasti tidak pernah absen.

Setup Macaroni

Bahan :
500 gr macaroni, rebus dgn air garam, tiriskan.
2 bh dada ayam, rebus. Air sisihkan dan daging di suwir-suwir.
250 gr mentega
10 bh bawang merah potong besar2 (atau 2 bh onion, iris kasar)
Susu (paling enak kalau pake susu evaporated e.g. Carnation)
Lada bubuk
Pala bubuk
Garam
4 telur kocok lepas
Parutan Keju

Cara masak :
Panaskan mentega sampai meleleh masukkan bawang merah. Aduk sampai wangi. Masukkan suwiran ayam, aduk lagi tambahkan lada dan pala bubuk. Masukkan air kaldu ayam, beri garam. Masak sampai air kaldu mendidih. Kemudian tambahkan susu cair. Aduk kembali tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan macaroni. Terakhir masukkan telur kocok lepas. Aduk2 hingga telur menyatu.
Sajikan hangat-hangat dengan ditaburi parutan keju diatasnya, bisa juga ditambah saos sambal botol.

Buatnya mudah sekali, yang jelas ini menjadi favorite-nya keluarga saya di Jakarta dan sekarang jadi favorite-nya kezia dan merril juga...ehm termasuk saya ding. Hihi ;-))

Email to others   Share


7 Comments :

Blogger Hani said...

manaaa...aku belon pernah dibuatin. ntar kalo ke welly, buatin yaaa :p

March 27, 2007 at 3:54 PM  
Blogger Nina said...

beres...nanti aku buatin. Yang penting main dulu ke welly. :))

March 28, 2007 at 9:34 PM  
Anonymous Anonymous said...

kalo susu cairnya dr susu kalengan biasa/susu bubuk biasa bs gak?
terus kalo kaldunya dianti masako rasanya bakal sama/beda?

July 25, 2010 at 1:43 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hi Mbak Nina, bagus Dan lengkap banget blog-nya ... Hebat!!!! Saya kebetulan baru kangen almarhum ibu n kepingin makan stoop macaroni, di google ketemu dech blog mbak ... Saya udah coba bikin, enak banget, pas banget resepnya ... Suami nambah 2 Kali ... Heheheh ...

Salam Dari Perth,
Sari x

March 30, 2012 at 7:49 AM  
Blogger Nina said...

Kalo pakai susu bubuk bisa tp rasanya pasti agak beda. Pakai masako pasti beda rasanya.

Sari, terima kasih. Syukur kalo memang cocok resepnya. Ini jadi resep andalan saya di NZ, krn blm ada yang tau or bisa bikinnya. Hehehe :D

March 30, 2012 at 10:36 PM  
Anonymous npramudia said...

Makasih mbak resepnya, jauh dari solo kalo ngk bikin sendiri mana bs makan hahaha....bener bak nina, kalo pake kaldu kaya masako pa yg laen ngk mantep, pake air rebusan dada ayam kampung mantep dech

July 18, 2012 at 7:47 PM  
Anonymous Indah said...

Mba Nina, mau tanya. ini seharusnya berkuah atau ngga ya? aku bikin terus kuahnya ilang, malah jadi kaya carbonara ._. atau mungkin takarannya salah ya. hem makasih banyak Mba Nina, anyway resepnya enyak terlepas dari kegagalan saya menghadirkan kuahnya hehehe :D

February 5, 2013 at 5:32 AM  

Post a Comment


Back to Main Page