Bubur Ayam

Tingting...tingting...buburrrr ayam !!! Ahh kangen sekali saya sama bubur ayam yang biasa jualan di daerah rumah saya di jakarta. Tapi emang harus bikin secara disini gak ada yang jualan.

Karena lagi kangen sama bubur ayam, hari ini sengaja saya pengen sarapan yang sedikit berbeda. Dari kemarin udah nyicil rebus ayam dan goreng ayamnya, goreng kerupuknya, bikin kuah kuningnya sampai cakwenya jadi pagi ini tinggal bikin bubur dan rajang sledri dan daun bawangnya saja. Hahaha....niat banget nih ceritanya !!!

Bubur ayam
Source : Fatmah Bahalwan (NCC)

Bahan:
1 ekor ayam kampung (saya pakai ayam biasa)
3.5 lt. air
150 gr beras
1 sdt garam

Untuk Kuah :
2 lbr daun jeruk
2 btg serai

Bumbu halus :
2 sdt ketumbar, sangrai
1 btr kemiri, sangrai
2 bh bawang putih
1 cm kunyit
1 sdt garam

Pelengkap :
Kecap manis, Cakwe iris tipis, kerupuk merah, emping goreng, bawang goreng, dan sambal.

Untuk sambal :
5 bh cabe merah, rebus
3 bh cabe rawit, rebus.

Cara membuat :

  • Rebus ayam dengan 3500ml air hingga mendidih dan ayam matang, angkat, saring kaldunya, sisihkan 3000ml. goreng ayam, lalu suwir-suwir.
  • Masak beras dengan 2500ml kaldu hingga menjadi bubur, angkat sisihkan.
  • Buat kuah : panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai, tambahkan sisa kaldu. masak hingga mendidih, angkat.
  • Buat sambal : haluskan cabe merah dan rawit, tambahkan 2 sdm kaldu, aduk rata.
    Sajikan bubur panas, siram dengan kuah, beri taburan ayam suwir, cakwe, emping, kerupuk, dan bawang goreng.


Glek kenyangg. Ting...ting...ting...ting...burrr ayam !!! waahh kayaknya saya bisa jualan nih. Gedubbrraaaakkkkk....pagi-pagi masih mimpi ya ? hahaha ;p

Email to others   Share


1 Comments :

Blogger pecks said...

Gw bagi gambar bubur ayamnya buat di blog gw... Makasih sebelumnya...
Eniwei loe bisa cek di alamat berikut www.seikatdaunbawang.blogspot.com

March 14, 2009 at 9:35 AM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page