Laksa hampshire

Setiap kami pergi ke Westfield di Queensgate suami saya selalu menyempatkan untuk makan laksa di Resto Coriander...katanya sih uenak bener. Setelah saya coba ternyata memang enak sekali gurih pedas seger ditambah penampilannya yang unik yaitu laksa ditaruh dalam wajan kecil sebagai piring sajinya. Penasaran juga pengen tahu resepnya kira2 laksa apa ya ?.
Nah sejak ibu Fatma posting resep laksa jakarta di milis, pengen banget segera bikin tapi waktu itu bahan2nya belom lengkap.

Kebetulan kemarin janji sama imelda tuk buatin ketoprak, dan ternyata bihunnya sisa...eh pas nengok fridge ternyata bahan2 untuk laksa sdh lengkap, langsung tanpa ragu2 eksperimen dengan laksa. Saya modifikasikan antara resep Laksa Jakartanya ibu Fatma dengan laksa yang di resto coriander itu...pelengkapnya juga saya campur baik dari ibu Fatma maupun seperti yang di Resto Coriander. Makanya saya namakan Laksa hampshire (secara hampshire itu alamat rumah saya. Whakakakak...;) )



Bahan :

1 Liter Santan Cair
1/2 ekor ayam, potong 4
250 ml santan kental

Bumbu :
2 btg sereh, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk, iris halus

Bumbu halus :
8 bh bawang merah
4 bh bawang putih
1 sdm ketumbar
1 pt kunyit
1 pt jahe
1 pt lengkuas
7 bh cabe merah (bisa dikurangi kalo tdk suka pedas)
6 butir kemiri
1/2 sdt gula jawa
1/2 sdm garam

Pelengkap :
150 gr bihun, rendam, tiriskan
1 ikat bokcoy, rebus, tiriskan
Taoge, rebus, tiriskan
Tahu goreng
2 btr telur rebus
2 ikat daun kemangi, ambil daunnya
1 sdm bawang goreng
2 bh jeruk nipis, iris tipis

Cara membuat :
- Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 3 sdm minyak goreng hingga harum.
- Masukkan santan cair, masak hingga mendidih
- masukkan ayam, masak hingga matang, angkat. Suwir-suwir
- Tuang santan kental ke dalam rebusan santan cair masak sambil diaduk hingga mendidih.

Sambal : cabe tumbuk kasar dan diberi kuah laksa

Cara menyajikan :
Taruh bihun, bokcoy dan tahu goreng dalam mangkok, beri suwiran daging ayam, irisan telur rebus dan daun kemangi.
Tuangi kuah laksa, taburi bawang goreng. Sajikan dengan ditemani irisan jeruk nipis dan sambal.

Aduuhhh.....mantap banget, rasanya cling cling cling geto !!!

Email to others   Share


3 Comments :

Blogger Hani said...

ini toooh nin. mau sih buat. tapi ga untuk pengajian ah, untuk sendiri aja...hehehe

duh postingannya telat banyak...dasar koki...hehehe

March 5, 2007 at 9:56 PM  
Anonymous liza said...

hi mba
salam kenal
boleh copy resep ini??
udah lama kepingin masak laksa ga kesampean, jadi selama ini cuma beli aja :)

thks sebelumnya ya mba

March 25, 2010 at 2:05 AM  
Blogger Nina said...

Halo Mba Liza,

Silakan mencoba, moga2 cocok :))

March 25, 2010 at 11:19 AM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page