Tuna Kuah Asam Pedas

Dingin-dingin begini enaknya makan sup yang panas plus pedas. Karena persediaan bahan2 makanan di dapur terbatas jadilah Tuna kuah asam pedas versi saya. :))

Idenya datang dari mbak ena lubis (member NCC) yang belum lama ini posting di milis cuma saya modifikasi sedikit disesuaikan dengan bahan yang ada di dapur.


Bahan-bahan :
500 gr Tuna fillet, potong sesuai selera tapi jangan kekecilan (saya pakai tuna kaleng)
1 buah jeruk nipis (ambil airnya) ---> saya tidak pakai
1 sdt garam ---> saya tidak pakai

Bumbu 1 :
6 siung bawang merah, tumbuk kasar dengan
7 cabai hijau yang diiris. (saya pakai Ground Red Chilli botolan)
1/2 sdt garam
2 batang sereh, potong 2 cm, memarkan
2 cm jahe, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang
1 lbr daun jeruk, iris halus (saya pakai 2 lbr)
(saya tambahkan sedikit larutan air maizena)

Bumbu 2 :
2 buah tomat hijau, belah 12, memanjang (saya pakai tomat merah)
3 batang daun bawang besar, iris serong 1cm
1 sdm peres gula pasir

350 ml air
Minyak goreng untuk menumis

Cara masak (versi ena) :
1. Bersihkan tuna, lalu lumuri dengan air jeruk dan garam. Diamkan 15 menit. Panaskan kukusan hingga banyak uap airnya.
2. Buang air jeruk bekas rendam ikan, lalu taruh ikan di pinggan tahan panas. Kukus hingga matang dan keluar air ikannya.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu 1 hingga harum. Masukkan ikan berikut dengan kuah ikan. Tambahkan air. Masak sampai kuah mulai mendidih.
4. Masukkan bumbu 2. Masak lagi sampai kuah benar2 mendidih. Angkat, sajikan hangat.

Cara masak (versi saya) :
1. Karena saya pakai tuna kaleng jadi tidak perlu dibersihkan atau direndam air jeruk dan garam segala. Dan tidak perlu dikukus pula.
2. Langsung tumis bumbu 1 hingga harum. Masukkan ikan berikut dengan kuah ikan yang ada di dalam kaleng. Tambahkan air. Masak sampai kuah mulai mendidih.
3. Masukkan bumbu 2. Masak lagi sampai kuah benar2 mendidih. Beri sedikit larutan air + tepung maizena. Masak sampai kuah sedikit mengental. Angkat, sajikan hangat.


Catatan :
1. Resep ini saya (ena.red) buat dengan menggabungkan masakan daerah menado, sumatera barat dan tiong hoa. Rasa asam pedas segar adalah ciri khas masakan menado. Sementara balado ijo dari sumatera yang terkenal itu menyisakan rasa pedas gurih yang nikmat. Lalu, biasanya, kalo makan masakan tionghoa, ada campuran maizena atau tepung sagu. Di resep ini tidak ada. Kuah akan mengental karena pengaruh gelatin alami dari sang ikan.

2. Selain tuna, sepertinya resep ini juga bisa menggunakan ikan laut lainnya such as: marlin, tenggiri, kakap dan gindara. Tentunya dengan sensasi rasa yang berbeda.

3. Sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat. Jadi kuahnya sudah mulai mengental.

Meskipun nina pakai tuna kaleng dan ground chilli (yg sedikit beraroma cuka) ternyata tidak mempengaruhi rasa masakan itu sendiri. Tetap enak dan seger sesuai dengan namanya...Tuna kuah asam pedas.

Psstt...kayaknya ini akan jadi salah satu menu andalan selama winter nih. Dicoba deh...

Email to others   Share


1 Comments :

Blogger Hani said...

nin, blognya disetting supaya bisa diprint dong. biar aku bisa ngeprint nih. gara2 ndak bisa online dirumah, apa2 mesti tak print dari uni....nasiiiib

cocok nih si tuna. soalnya stok tunaku banyaaak...hehehe

April 4, 2007 at 2:50 PM  

Post a Comment


Back to Main Page