Ayam rica-rica


Sudah lama saya janji ke seorang teman untuk masakin ayam rica, tadi siang pulang dari church ketemu beliau di tempat badminton di newlands. Rencananya beliau akan dinner dirumah kami...ah sekalian praktekin resep yang saya dapat asli dari manado.

Bahan :
1 kg ayam fillet, potong2
Daun jeruk, iris halus (saya pakai 7 lbr)
3 btg Daun Bawang, iris halus
1 ikat daun kemangi, iris halus
Jeruk nipis
Garam

Bumbu dihaluskan :
Cabe (sesuai selera, saya pakai 13 biji)
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 7 siung
Jahe 3 cm
Lengkuas 3cm
Sereh 3 batang
Kemiri sangrai 5 buah

Cara masak :
Ayam diberi perasan jeruk nipis dan garam diaduk sambil diremas agar perasan jeruk nipis meresap biarkan beberapa waktu lalu dicuci bersih.
Tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai wangi masukkan potongan ayam. Aduk-aduk sampai rata. Masak yang lama sampai ayam matang dan bumbu benar2 meresap.
Angkat. Hidangkan dengan nasi panas.

Tips :
Semua masakan manado supaya enak kita harus benar2 berani bumbu dan masak yang lama biar bumbu benar2 meresap ke dagingnya.

Wuiiii...pe sadap skali, ngoni musti coba !!! ^_*

Email to others   Share


5 Comments :

Anonymous dyah respati ekasari said...

Nina,
resep nya ini dapat darimana? tolong saya diinfokan sumbernya donk ya?karna saya ngambil resep ini untuk laporan tugas rica-rica saya dan saya ingin mencantumkan sumber yang aseli.
Looking forward to hearing from you.
Thank you,
Sarie.

April 2, 2009 at 12:01 AM  
Blogger Nina said...

Hi Dyah,
Thanks for visiting. Resep ini sumbernya dari Resep Keluarga suami yg dari manado. Btw, lg bikin laporan tugas apaan kok pake resep rica2 segala ? ^^

April 2, 2009 at 12:17 PM  
Anonymous Dyah Respati Ekasari said...

Nina,
saya sedang menulis tugas akhir ttg 'Rica-Rica of Manado in Yogyakarta: Changes and Continuity'.. kebetulan banyak sumbernya yg saya dapatkan via internet cuz di buku2 belum ada pembahasan rica2 yg ada cuma resepnya. critanya lg nyari resep originalnya rica untuk dimasukkan ke appendix trus karna ngambilnya dr blog ini maka saya tulis di Bibliography http://masakannina.blogspot.com/2007/03/ayam-rica.html
Dosen saya bertanya ini aseli dr orgnya atau dari buku untuk pertanggungjawaban agar tidak salah contek atau disalahgunakan oleh pihak2 tertentu jg;)..oleh krn itu saya beranikan bertanya sumbernya kpd Nina.
Terima kasih, jadi nanti untuk penulisan sumber sya menulisnya bagaimana? boleh kan saya tahu nama keluarga yg punya resepnya?supaya jelas saja.. jika Nina tidak keberatan. ^__^ Terima kasih..

April 2, 2009 at 10:52 PM  
Blogger Nina said...

Hi Dyah,

Tulis aja resep dari Keluarga Liando-Umboh (itu nama keluarga suami). Okay ? good luck for your study :D

April 3, 2009 at 12:34 AM  
Anonymous dyah respati ekasari said...

Ok Nina,I will. Thank you:)

April 3, 2009 at 7:10 AM  

Post a Comment


Back to Main Page