Bubur Manado (Tinutuan)


Sabtu pagi ini saya buat bubur manado (Tinutuan), dengan pelengkapnya
ikan teri dan sambal terasi...
cocok banget dimakan saat udara dingin seperti sekarang ini. ;D
Sesuai dengan permintaan teman-teman (especially for Kimbal)...ini saya tulis resep bubur manado yang biasa saya bikin.
(source : tabloid nova)
Bahan :
150 gr beras, cuci bersih
1100 cc air
2 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai
300 gr jagung pipilan
500 cc santan kental
200 gr labu kuning potong dadu
150 gr ubi merah
100 gr daun labu, bersihkan
100 gr daun kangkung (kalau ada...kalo di nz hrs tunggu summer dulu ;p )
2 sdt kaldu bubuk rasa ayam
5 tangkai daun kemangi, siangi
Pelengkap:
150 gr ikan asin jambal roti, goreng kering
Samba terasi

Cara Membuat:
1. Rebus beras dengan daun salam dan serai sampai lunak. Masukkan jagung pipilan, santan, garam, dan kaldu bubuk, aduk rata. Masak sambil diaduk hingga jagung matang.
2. Masukkan labu kuning dan ubi merah, masak sampai ubi dan labu matang, aduk rata.
3. Tambahkan dengan daun labu, daun kangkung, dan daun kemangi,
aduk rata rampai bubur mengental dan sayuran lunak, angkat.
4. Sajikan bubur manado selagi panas dengan ikan jambal roti yang telah digoreng
plus sambal terasi.

Email to others   Share


5 Comments :

Blogger Hani said...

ntar kalo aku maen ke welly dimasakin bubur manado ya...ya...ya...hehehe *khan cocok buat winter :D*

June 21, 2008 at 3:37 PM  
Blogger Kimball said...

Hi Nina,
Nice blog and pictures. Can you sent me the recipe? Greetings to Jef.

June 29, 2008 at 6:02 PM  
Blogger Nina said...

Hi Kimball,
Thanks for stopping by. Now, you can see the recipe for Bubur Manado. Aroha, nina

July 13, 2008 at 7:54 PM  
Anonymous rine said...

hai mba nina kebetulan aku org mdo kuliah di cina yg tau resep bubur mdo yg lebih gampang, mumpung disini juga ga ada bahan2 kayak daun2 dan segala mcm.. cobain deh pasti lebih sehat n maknyus.. bahan2nya: jagung, labu kuning, beras, ubi(apa aja yg ada bisa digunakan), kangkun n bayam, grm secukupnya..
cara bikinnya, jagung yg di coel2 rebus bersama beras labu n ubi sampe berasnya jadi bubur, kalo udah jadi bubur kangkung n bayam ya udah di kopek blh dimasukkin (batangnya masukkan duluan soalnya lama masak,terus taruh daunnya n garam secukupnya) jadi deh bubur mdo yg ga ribet n kelesatannya di jamin^^ plus sambel terasi,ato sambel ikan roa juga enak..

-oh iya buburnya bisa disimpan dlm lemari es loh kalo kebanyakan soalnya tahan lama, yg penting sayurnya blm di masukkin..
ok deh selamat mencoba^^

April 10, 2009 at 3:56 AM  
Anonymous sheshel said...

Salam kenal y mba...aq contek y resep mba...aq mu coba bubur manado...soalnya calon suamiku orang manado...stdkny aq hrs bs bwt masakan manado...^_^

Thx y mba...

January 4, 2010 at 2:00 AM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page