Brownies Kukus (resep Ny. Liem)


Penasaran sekali dengan yang namanya brownies kukus yang denger2 cukup famous di indo, padahal yang asli dijual di indo sendiri saya belum pernah nyobain. ;D

Dan denger-denger (lagi) resep brownies kukus-nya Ny. Liem ini yang paling enak dan lembut. Nyobain ah...

Bahan-bahan :
Telur 6 btr
Gula 225 gr
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt
Tepung Terigu 125 gr
Coklat bubuk 50 gr
Minyak goreng 175 ml
Susu Kental Manis (SKM) 75 ml
Dark Cooking Chocolate 100 gr, lelehkan dan campur dgn minyak

Cara membuat :
1. Campur jadi satu dan ayak tepung terigu dengan coklat bubuk, sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk. Aduk perlahan hingga rata.
3. Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata.
4. Sisihkan 1/3 adonan adonan, beri SKM, aduk rata. Sisihkan
5. Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I masukkan dalam kukusan yang sudah panas dan uap banyak selama 10 menit, kemudian tambahkan adonan dengan SKM kukus lagi selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.
Beneran...enak lho. Kezia dan suami doyan banget, gak nunggu lama langsung tandas !!!

Email to others   Share


10 Comments :

Blogger Hani said...

kalo aku ke welly, mau dong dibuatin...hehehe

apa kabar nih nin....dapurnya ngebul terus nih kaya'nya...lhaaa iyalah, kalo ndak si jeff ama kezia ga makan dong...hehehe

February 6, 2008 at 8:09 PM  
Blogger Jeng Sami said...

mbak nina, resep brokusnya sy coba ya... kliatannya mang enak tu... makasi...

July 15, 2008 at 12:38 AM  
Anonymous Anonymous said...

mbak, saya uda coba resep brownies kukusnya, enak lo tapi knp ya permukaannya gak rata, kyk benjolan2 gitu, apa emulsifiernya terlalu byk? rasanya mantep tapi jelek hehe..

November 8, 2009 at 12:20 AM  
Anonymous Ajeng said...

Salam kenal.
Resepnya boleh ta coba ya...

February 21, 2010 at 12:43 AM  
Blogger Mama Rezka said...

Mbaaa......adonan kue tuh didiamkan gitu gpp yaa....kan tunggu masing2 10 menit....br step by step di kukus menyusul....mau coba resepnya nih mbaa...thx alot mbaa

June 6, 2010 at 11:41 PM  
Anonymous Anonymous said...

kalo didiemin terlalu lama bisa nggak maximal ngembangnya.
kalo benjolan2 itu biasanya karena ketetesan air dari uap air yang menempel di tutup kukusan. lebih baik tutupnya diselimuti kain agar tetesannya tidak menjatuhi adonan (meresap pada kain) sehingga permukaan bisa rata, insyaAllah

August 31, 2010 at 8:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

salam kenal..
mba mw ijin nyoba resep brownies kukusnya ya skalian mw tny klo susu kental manisnya itu yg putih ato yg coklat ya?trus klo skmny diganti sm susu bubuk apa boleh?maklum br mw blajar bikin kue
thx b4...

September 20, 2010 at 3:17 AM  
Anonymous Park Soora said...

makasih atas resepnya :D kayaknya enak sekali untuk dicoba ^^

May 11, 2011 at 2:37 AM  
Anonymous Anonymous said...

emulsifier itu apa?? beli dmn???

July 9, 2011 at 3:07 AM  
Anonymous Jefry said...

jadi tertarik ingin mmebuat brownies kukus sendiri
terima kaish untuk resepnya

August 13, 2012 at 7:08 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page