Pempek (mpek mpek)


Dulu pertama buat (waktu masih di Jakarta), pempek-nya kerasss buanget sampai2 mama bilang...ini mah buat latihan cabut gigi. ;((
Setelah sekian tahun, baru nyoba lagi sekarang...berhasil, lembut dan empuk, gak bakalan bisa jadi uji coba cabut gigi. ;)) Kuah cuko nya pun mantap banget. ^_^


Mpek mpek
Source : nina

Bahan :
250 gr daging ikan tenggiri, haluskan (saya pakai ikan tarakihi, 500 gr)
2 siung bawang putih, haluskan
5 sdm air es
100 gr tepung sagu
2 sdt tepung terigu
11/2 sdt garam
1 bh kuning telur

Kuah Cuko :
150 gr gula merah
200 ml air
10 buah cabe merah, haluskan (optional)
5 siung bawang putih, haluskan
Garam secukupnya
50 gr asam jawa, larutkan dengan 50 ml air panas lalu saring.

Cara membuat :
1. Campur ikan, bawang putih dengan air es. Taburi dengan tepung sagu dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Tambahkan kuning telur dan garam. Aduk hingga rata dan hingga adonan dapat dibentuk.
2. Bentuk adonan sesuai selera, jika ingin membuat pempek kapal selam, adonan dibentuk mirip bulatan lontong, isi dengan rebusan telur puyuh atau telur ayam. Rapatkan kembali adonan. Dan jika ingin membuat pempek lenjeran, adonan dibentuk seperti pipa lalu bungkus dengan daun pisang.
3. Didihkan air dalam panci, masukkan dan rebus adonan pempek yang telah dibentuk/isi ke dalam air mendidih hingga matang. Angkat. Tiriskan.
4.Goreng pempek dalam minyak panas yang banyak hingga berwarna kuning keemasan.
5. Potong pempek sesuai selera, taruh dalam piring saji, taburkan cincangan mentimun dan mie kuning, lalu siram dengan kuah cuko. Pempek ini paling enak dimakan saat masih panas.

Kuah cuko :
Campurkan bahan kuah cuko menjadi satu, masak di atas api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Angkat dan sisihkan.

Email to others   Share


14 Comments :

Blogger erika said...

Wah, kayanya boleh dicoba nih... :)

August 16, 2007 at 2:15 PM  
Blogger Hani said...

pengumumaaan...daku juga lagi makan pempek nih ;)...hiyaaa...hehehe

August 17, 2007 at 1:13 AM  
Blogger ika rahutami said...

salam kenal...
senang liat begitu banyak resep, lebih sip lagi liat foto2nya. telaten banget. liat yang camilan, ingat kuenya bara patirajawane. may i link this blog?

August 22, 2007 at 5:01 PM  
Blogger Nina said...

Hai Ika,
Salam kenal juga. Silakan kalau mau di link blog ini.
Btw, bara patirajawane tuh siapa ya ? ;)

August 22, 2007 at 8:06 PM  
Blogger ika rahutami said...

bara pati tuh tukang masak yang lagi terkenal di indonesia nin..
dia ga kaya chef yang lain serba rapi dan tertata
dia geradakan, tapi asik.. kadang gosong tapi menarik

August 23, 2007 at 4:40 PM  
Blogger Nina said...

ooh begitu ya ? sori gak ngerti abis lama gak tinggal di indonesia, terakhir pulang juga cuma sebentar gak sempet ngikutin perkembangan kuliner di indonesia. Yeah moga2 aja nina bisa seperti dia, terkenal di indonesia dan di nz. huahahahaha ;))

August 24, 2007 at 12:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

Salam kenal mbak nina, n tanya dong mbak, jadi mpek mpeknya kudu dibungkus daun pisang ya waktu direbus? Makasih yaaa...

November 9, 2008 at 10:27 PM  
Blogger Nina said...

pake daun pisang, hanya kalo mau buat lenjeran. Selebihnya yaa gak usah.

November 10, 2008 at 12:55 PM  
Anonymous sari said...

mbak nina, dari dulu saya penasaran pengen bisa bikin pempek. Pernah baca resepnya di Kompas tapi belum sempat nyoba, korannya udah gak tau kemana. Beruntung buka blognya, eh dapet resep pempek. Semua resep udah dicoba ya mbak? Telaten banget..... Sari di Sesela

March 4, 2009 at 6:25 AM  
Anonymous gina said...

Mbak, kalo pake tarakihi jadi 500gr ya? 2x lipat dong. Tarakihi mahal lho, hehe... Salam kenal ya, aku di lower hutt.

April 1, 2009 at 10:57 PM  
Blogger Nina said...

Hi Gina,
Thanks for stopping by. Pakai ikan yg lain juga boleh (Mis: redcod) mgkn rasanya agak beda yaaa...yaaah beda2 dikit gak apa2 kan ?
Btw, sdh lama tinggal di Lower Hutt ? dimananya ?

April 2, 2009 at 12:20 PM  
Anonymous gina said...

Aduh,aku kok posting ga masuk2 ya??? Ini yang ke-4 nih. AKu dah coba resepnya mbak, ok lho jadinya. Tengkyu yaaa...! Aku di avalon, mbak Nina wlg-nya dimana?

April 25, 2009 at 1:02 AM  
Blogger Nina said...

Hi Gina,
Gw tinggal di wilton - wellington. Kok gak pernah ketemu ya di kbri ?

April 26, 2009 at 11:45 AM  
Anonymous Rosa said...

terima kasih resepnya...

May 20, 2010 at 9:30 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page