Martabak Manis

Kira-kira 2 minggu yang lalu, saya main kerumah teman (Imelda) yang sedang nyoba buat martabak manis. Ehm...boljug nih. Tapi ternyata hasilnya bisa dibilang 'gatot' ya mel ? bentuknya sama sekali gak mirip sama martabak manis even dari rasa sih dah enak (saya habis banyak tuh. hehehe)

Rasa penasaran langsung hinggap di saya. Hari ini saya coba dirumah untuk buat martabak manis dengan resep yang sama dengan yang dicoba oleh Imelda. Step by step...bener-bener saya lakukan sesuai dengan perintah di resep even saya gak pake wajan martabak (gak punya deh) tapi kan menurut di milis NCC bisa juga tuh pake wajan/frypan biasa dan beneran lho...ternyata hasilnya......taaarrrraaaaa......!!!



Saya sendiri kaget dan gak nyangka akan sukses. Baik dari segi rasa dan bentuk, sama persis dengan martabak yang di indo. Langsung saya buat beraneka macam, ada martabak manis keju coklat, keju coklat kacang, keju kacang, coklat kacang wijen. Halah...kayak jualan ajah. ;p

Resepnya :

Bahan Kulit :
250 gr tepung terigu
1 sdt ragi instant (saya pakai ragi utk buat tape)
150 gr gula pasir
375 cc santan hangat (saya pake 400 ml dan dimasukkan ke microwave kurleb 3 menit)
2 btr telur
1/3 sdt soda kue

Bahan isi :
Kacang tanah (sangrai, kupas, cincang) ; Wijen sangrai ; Gula pasir ; Coklat (saya pake choc chips) ; Keju parut ; Susu Kental manis.

Cara buat :
- Masukkan ragi ke dalam santan hangat, aduk sampai larut dan berbuih. Sisihkan.
- Campurkan tepung terigu dan gula, buat lubang ditengahnya, masukkan telur ke dalamnya.
- Uleni sambil dituangkan larutan santan, sampai gula larut, masukkan soda kue uleni lagi sampai tercampur rata. Diamkan 15-20 menit ditempat hangat.
- Panaskan wajan martabak dan olesi margarine. Tuang adonan ke dalamnya sampai naik dan permukaannya agak mengering dan bagian luarnya menjadi kecoklatan (gunakan api kecil). Angkat dan letakkan diatas talenan potong.
- Taburkan gula pasir ke permukaan martabak hingga rata. kemudian beri susu kental manis. Selanjutnya tambahkan isi sesuai selera (keju, coklat, kacang, wijen). Lipat martabak menjadi 2. Potong sesuai selera.

Tips :
1. Adonan harus didiamkan dahulu selama 15-20 menit ditempat hangat ---> saya masukkan adonan ke dalam oven yang sebelumnya saya nyalakan dulu sampai hangat lalu matikan oven, dan adonan dimasukkan kedalam oven yang masih hangat.
2. Saat adonan dituang kedalam wajan, gunakan api kecil. Dan adonan tidak perlu dibalik.

Mudah-mudahan ngerti ya yang saya maksud. Hehehe. Buat Imelda, coba lagi deh...never give up euy !!! (pssst, kalo udah berhasil...kirim ke hamsphire ya ?)

Happy cooking...;p

Email to others   Share


9 Comments :

Anonymous Anonymous said...

Good...good akhirnya ada yg berhasil bikin martabak,nt gw contek yaa resepnya nin.Maklum deh kemarin gatot he3x. Btw enak loh martabak kacangnya jadi ngga eneg dibandingkan pk keju.

May 13, 2007 at 7:22 PM  
Blogger Nina said...

Thanks a lot. Iya, buatnya ternyata gampang kok. Kalo udah jadi, jangan lupa kirim ke rumah ya. ;p

May 13, 2007 at 7:25 PM  
Anonymous Anonymous said...

makasih yaa atas resep.....aku juga lagi kepengen buat martabak tapi belom sempet. btw, soda kue itu pake baking soda kan ya?

April 10, 2009 at 2:02 AM  
Anonymous wresni said...

mbak nina, thanks berat atas resepnya, minggu kemarin nyoba bikin buat acara perlombaan 17 agustusan disini..eh berhasil dengan sukses dan diserbu habis-bis tak bersisa..mau bikin lagi krn suami sama anak termasuk diriku belon puas nyobain (cuma kebagian 2 potong, anakku malah gak makan)..matur nuwun...

May 17, 2010 at 2:40 AM  
Blogger Nina said...

Syukur deh mbak kalo berhasil dan berkesan. Salam dari nz. :)

May 17, 2010 at 1:04 PM  
Blogger Nina said...

This comment has been removed by the author.

May 17, 2010 at 1:04 PM  
Anonymous Anonymous said...

memang gak pake garam ya mbak ? btw, thanks resepnya..pengen buruan coba nih.

May 20, 2011 at 3:09 AM  
Anonymous ahmad said...

makasih ya atas infonya saya akan mencobanya di rumah

June 16, 2011 at 6:53 AM  
Anonymous Anonymous said...

aku cntek resepny juga ya mbak

March 4, 2013 at 9:22 PM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page