Gado-gado siram


Karena kemarin bikin lontongnya lumayan banyak, satenya abis tinggal lontongnya sisa. Jadi cari 'temen'nya lagi buat si lontong. Kali ini saya buat gado-gado (maem sayur ah biar lebih sehat, gak daging melulu). Sayurnya sendiri sebenarnya gak ada pakemnya, terserah kita aja. Yang penting saus kacangnya. Walaupun sama-sama berbahan dasar kacang, tapi antara gado-gado dengan sate beda bumbunya.

Gado-gado Siram
source : tabloid nova modified by nina

Bahan :
- Kol, iris kasar, rebus
- Wortel, rajang halus, rebus
- Bayam, potong, rebus
- Tahu cina, goreng potong kotak2
- Tempe, goreng potong kotak2
- Kacang Panjang, potong 2 cm rebus sebentar
- Kentang rebus
- Kerupuk bawang / udang / emping
- Telur rebus, potong2
- Bawang goreng bawang merah goreng2 buah telur rebus

Saus:
400 ml santan sedang kentalnya
4 sdm air jeruk limau

Haluskan :
150 gr Kacang tanah dan kacang mete goreng
5 siung Bawang putih, goreng
2 Cabe merah, goreng (optional)
1 sdt terasi goreng
50 gr Gula merah (sesuaikan dgn selera)
4 sdm gula pasir (sesuaikan dgn selera)
2 sdt garam secukupnya (sesuaikan dgn selera)

Cara Membuat:
1. Rebus santan, masukkan bumbu halus, masak hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Blender hingga halus. Hangatkan kembali, tambahkan air jeruk kemudian aduk rata.
2. Tata sayuran, telur rebus, tahu goreng dan tempe goreng yang sudah dipotong2. Letakkan diatasnya kerupuk udang, emping dalam piring, siram saus kacang di atasnya, taburi dengan bawang goreng. Sajikan.

Email to others   Share


3 Comments :

Anonymous Anonymous said...

hi nin, kamu bikin lontongnya gimana? pake daun pisang ato plastik? kasih tau donk. thx. Alfa

September 15, 2007 at 3:44 PM  
Blogger erika said...

Nin, jadi pengen gado2 neh... :P
Ayo dong kapan kita masak2 bareng lagi?
Eh, Nin, tau ngga di daerah Welly sini yang ada taman terus ada free gas-nya dimana ya? Kalo ada kita BBQan bareng yuuu...

September 20, 2007 at 2:41 PM  
Blogger Rezha's Blog said...

Jadi laper nih.. Hehehehe.. Awalnya surfing aja, eh malah nyasar ke sini. Tpi, aq dapat resep gratis utk dibuat sndiri. Xixixixi... Makasih ya...

June 27, 2009 at 5:54 AM  

Post a Comment


Backlinks:


Create a Link

Back to Main Page