Ayam Singgang


Hari ini rencananya ada beberapa teman yang akan dinner dirumah kami. Menu utama saya pilih ayam singgang, ini dikarenakan saya lagi kesengsem dengan salah satu menu yang disediakan KBRI waktu acara makan malam bersama dengan beberapa anggota DPR yang sedang berkunjung ke nz beberapa hari yang lalu. Muantap sekali secara bumbunya meresap banget ke ayamnya.

Eh dapet juga tuh resep singgang ayam dari bu Saragih (istri dari salah satu counsellor kita)...thanks ya bu. ^_*

Ini resepnya ya, tapi saya modifikasikan sedikit :

Bahan :
1 ekor ayam, ukuran no. 22 (extra large)
3 Batang serai (kalau saya, sebagian di geprak sebagian lagi dihaluskan)
5 lbr daun jeruk (kalau saya, iris halus)
Minyak untuk menumis
600 ml Santan

Bumbu yang dihaluskan :
7 Bawang merah (1 onion yg besar)
4 Bawang putih
10 Cabai merah
5 kemiri sangrai
2 cm kunyit
3 cm jahe
3 cm lengkuas
Garam

Cara masak :
Belah ayam menjadi 2.
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan sisa serai. Aduk sampai baunya harum, masukkan ayam.
Tuang santan, aduk-aduk sampai mendidih dan ayam kaku.
Kecilkan apinya, lalu masak terus sampai ayam matang dan santannya mengering.
sebelum dihidangkan, ayam dipanggang dahulu diatas api kecil sambil diolesi dengan bumbunya.

Santap ayam dengan nasi putih hangat dan lalapan sayuran seperti irisan timun, wortel rebus dan daun singkong (saya pakai silverbeet).

Nyam...nyam...nyam...amboo seraso di tanah rancak nyo. ;))

Email to others   Share